Construction

Kompasiana,- Atap spandek adalah atap dari bahan sintetis yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan atap bangunan pada jaman sekarang yang praktis, simpel dan ekonomis. Atap ini berupa lembaran tipis yang dibuat dari metal atau material sintetis lainnya yang dibuat bergelombang supaya dapat mengalirkan air dengan baik. Ukuran dan bentuk gelombang dari atap ini bisa bermacam-macam, mulai dari gelombang kecil, besar dan besar.

Ukuran ketebalan spandek bervaresi tergantung jenis dari bahan yang digunakan dan merk dari atap ini.  Ketebalan berkisar antara o,3 mm sampai dengan 0,8 mm, ukuran lebar 0,6m, 0,75m, 0 8m, dan 1m,  dan ukuran panjang spandek tersedia dalam ukuran 3m, 5, atau 8 meter. Ukuran panjang bisa dibuat custom dengan minimal jumlah tertentu.

Spandek merupakan bahan yang ringan sehingga mengurangi beban pada konstruksi atap dibawahnya. Atap ini juga lebih tahan goncangan dengan resiko kerusakan dan lebih kecil dibandingkan dengan atap genteng yang berat.

Adapun Keunggulan Atas Spandek antara lain sebagai berikut :

Instalasi yang sederhana; Spandek mempunyai ukuran yang lebih lebar dan panjang dibandingkan dengan atap genteng. Hal ini membuat atap ini dapat dipasang dengan konstruksi atap yang lebih sederhana. Tidak diperlukan pemasangan reng yang rapat seperti halnya atap dari genteng. Atap spandek umumnya tersedia dalam bentuk lembaran panjang dengan ukuran standard. Atap ini dapat dipotong dengan mudah pada saat dibutuhkan. Pemasangannya relatif mudah dan cepat karena lembaran atap dapat dipasang dengan sistem klip atau sekrup pada rangka atap di bawahnya.

Relatif murah ; Atap spandek pada umumnya dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan atap genteng. Ukuran atap yang lebih besar, berat yang lebih ringan, membuat konstruksi atap menjadi lebih sederhana sehingga membuat biaya pemasangan dan instalasi atap secara keseluruhan menjadi lebih murah.

Tersedia dalam berbagai warna ; Atap spandek ini banyak dijual dengan warna natural abu-abu (warna seng atau aluminium), namun bisa juga dilapisi dengan cat dengan banyak pilihan warna. Beberapa merk juga menyediakan atap spandek dengan beberapa pilihan warna yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Aman dari goncangan, gempa dan bahaya kebakaran ; Spandek merupakan bahan yang ringan sehingga meminimalkan resiko bahaya akibat dari atap yang jatuh. Atap ini relatif aman pada saat terjadi gempa bumi atau goncangan pada bangunan. Bahan ini juga tidak bisa terbakar, sehingga mempunyai bahaya dan resiko kebakaran yang minimal.